Welcome to Blog Mataram

Ini adalah blog kota Mataram yang dibuat oleh Tim Hexternity. Hexternity adalah sebutan dari kelas XI SBI 6 di SMAN 1 Mataram. Terima kasih buat kawan-kawan yang meluangkan waktunya untuk mampir di blog kami. Akhir kata "Wuih"

Mataram

Mataram adalah ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat. Mataram juga sebagai pusat dari segala aktifitas mulai dari pemerintahan, pendidikan, perdagangan, industri, jasa, kesehatan dsb. Kota Mataram terdiri dari 6 kecamatan yaitu Kecamatan Ampenan, Cakranegara, Mataram, Pejanggik, Selaparang, Sekarbela, dengan 50 kelurahan dan 297 Lingkungan.
Kota Mataram terletak pada 08° 33’ – 08° 38’ Lintang selatan dan 116° 04’ – 116° 10’ Bujur Timur. Mulanya kota ini merupakan bagian dari Lombok Barat. Setelah pemekaran wilayah barulah Mataram berdiri sendiri dengan berbagai sarana prasarana yang dimiliki. Tak heran kedepannya Mataram tumbuh menjadi kota yang maju dan semakin berkembang.
Mataram sebagai pusat pendidikan menyumbangkan jumlah sekolah
yang cukup besar. Mulai dari TK, SD, SMP/MTS, SMA/MA, SMK, dan Perguruan Tinggi berlokasi di Mataram. Sehingga banyak pelajar dari luar Mataram yang menuntut ilmu di Mataram. Kualitas menjadi salah satu daya tarik bagi para pelajar.
Di Kota Mataram tinggal berbagai macam suku. Suku sasak sebagai mayoritasnya dan berbagai suku lain seperti tionghoa, Jawa, Bali. Sebagian besar dari suku lain datang untuk merantau. Pada 17 Januari 2000 di Mataram terjadi kerusuhan dengan isu ras dan agama sebagai penyebab. Namun setelah kerusuhan tersebut keadaan Mataram justru lebih tenang dan masyarakat Mataram tidak lagi membeda-bedakan rasa atau agama.
Beragam suku yang tinggal di Mataram menjadikan Mataram kaya akan sosial dan budaya. Agama Islam berdampingan dengan agama lain seperti Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Walaupun masyarakat mayoritas beragama Islam tetapi masyarakat tetap saling menghoramti agama lain. Sesuai dengan Visi Misi kota Mataram yaitu Maju dan Religius.

0 komentar:

Posting Komentar